Ads

Sabtu, 06 Oktober 2012

Perawatan Rutin Terhadap Notebook / Laptop

Kalian tentu setuju jika peran perangkat teknologi seperti notebook / laptop saat ini begitu besar, terutama bila Kalian termasuk orang-orang kreatif atau pebisnis yang setiap saat disibukkan dengan pekerjaan. Oleh sebab itu, kebutuhan yang kini dimensinya makin tipis dan ringan tersebut harus dirawat dengan baik.
Seiring dengan pentingnya pemeliharaan/maintenance secara rutin, Kalian juga sebaiknya membuat schedule pemeliharaan notebook / laptop bulanan untuk memastikan kelancaran notebook / laptop dan untuk memastikan data yang disimpan dalam notebook tetap aman. Semakin cermat Kalian merawat kondisi/kinerja notebook atau laptop , semakin produktif juga Kalian dalam mengerjakan tugas sehari-hari.
  • Bersihkan hard disk dari file-file/software yang kurang perlu
Dalam jangka waktu sebulan, bisa saja semakin banyak file yang kurang perlu menumpuk di dalam hard disk Kalian. Luangkan waktu sebulan sekali untuk memeriksa hard disk apakah ada file atau software yang kurang perlu untuk disimpan.  Tentukan mana yang masih harus disimpan untuk kepentingan di masa mendatang, dan mana yang harus dibuang/dihapus. Jika Kalian men-download program-program baru, ada baiknya yang lama segera dihapus jika sudah tidak lagi diperlukan. Ini berguna agar hard disk notebook bisa tetap berjalan lancar dan optimal.

  • Defrag Hard Disk notebook
Lakukan defragging pada hard disk notebook kalian setidaknya sebulan sekali untuk memastikan notebook berfungsi lebih efisien. Hal ini akan memungkinkan program-program pada notebook kalian berjalan lebih cepat. Defrag sendiri berfungsi untuk menyusun kembali file-file yang berantakan ketika dibuka.
  • Menjaga notebook agar tetap bersih
Membersihkan notebook membantu notebook mencapai overheating karena pengaruh debu yang menempel pada kipas notebook. Bersihkan juga layar notebook, sehingga gambar pada notebook tetap jernih dan tajam, dan tentunya semakin membuat kalian nyaman untuk menggunakan notebook. Selain itu, bersihkan pula casing notebook dari penumpukan debu kotor sehingga mampu mencegah debu masuk ke dalam komponen notebook.
  • Buat Back Up data
Jadwalkan untuk mem-back up data-data penting kalian yang disimpan dalam notebook setidaknya sebulan sekali. Ketersediaan hard disk eksternal maupun DVD dengan kapasitas yang besar saat ini memudahkan kalian untuk melakukan hal tersebut.
  • Update Software yang tertanam dalam notebook
Sama seperti kalian memperbarui/meng-up date anti virus, program-program atau aplikasi-aplikasi yang tertanam pada notebook juga sebaiknya dilakukan hal yang sama. Untuk beberapa program/aplikasi tertentu, menjaganya tetap  up date akan membantu kemanan pada notebook dan akan melindungi data-data kalian saat di jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar